Tugas Bahasa Indonesia kelas XI buku paket halaman 68 kurikulum 2013



Berikut ini adalah soal dan jawaban tugas Bahasa Indonesia kelas 11 buku paket halaman 68 kurikulum 2013 semester 2.

Soal !

(7) selain nomina dasar, didalam model teks ulasan tersebut juga terdapat banyak nomina turunan. Pada umumnya nomina turunan dibentuk dengan menambahkan prefix, sufiks, atau konfiks pada kata dasar. Amati beberapa contoh nomina turunan pada kolom berikut. Setelah itu, coba kalian cari nomina turunan lain didalam taks, tulisakan jawaban kalian pada rumpang didalam kolom.

Nomina Turunan
Pe + N
Peng + N + an
N +-an
Per - + - an
Ke - + N + - an
penanda
penolakan
impian
permukiman
kecenderungan
penuntut
pemenuhan
rangkaian
Pertemuan
kebutuhan
pemenuhan
penekanan
kalangan
perkawinan
kemewahan
penunda
penarikan
kumpulan
pergaulan
kelemahan
penanti
pemecahan
pengkalan
perkelahian
kelebihan
perusak
penawaran
panggilan
perdamaian
kekurangan


(8) peronomina adalah kata yang dipakai untuk mengacu nomina yang lain. Teks ulasan film atau drama pada umumnya didominasi oleh pronominal orang ketiga seperti ia dan –nya. Selain itu, ada pula sebuatan untuk nama tokoh, cermati contoh berikut, lalu coba kalian cari kalimat yang mengusung pronominal didalam model teks ulasan.

Pronomina
Contoh kalimat
Orang ketiga :
ia dan –nya
(1)   Namun, keinginan Rara itu dimaknai sebagai keinginan yang berlebihan ketika  ia “ dihukum “ dengan kompensasi yang harus ia bayar.
(2)   Logika pemaknaan tersebut bekerja ketika Rara yang larut dalam kesenagan borjuis ( pesta ulang tahun kakak aldo ) pulang untuk menemukan rumahnya habis terbakar, simbok tergeletak koma, dan ayahnya  meninggal dunia.
(3)   Keinginan Rara untuk memiliki sesuatu, alih – alih dimaknai sebagai hasrat kepemilikan yang lumrah dimliki semua orang, justru dinggap sebagai sesuatu yang menyalahi / mengingkari takdirnya sebagai orang yang tidak punya.
(4)   Rumah itu ditempati rara bersama nenek dan ayahnya. Kondisi rumah tersebut membuat Rara, terobsesi untuk memiliki sebuah rumah berjendela sebuah impian yang harus ia bayar mahal di kemudian hari.